Sunday 20 November 2016

Toyota FCV Plus, Mobil yang Mirip Powerbank

Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 kali ini PT Toyota Astra Motor (TAM) membawa serta mobil konsep FCV Plus. Mobil yang sumber tenaganya berasal dari listrik dan hidrogen ini juga diklaim berfungsi sebagai powerbank.

Toyota FCV Plus, Mobil yang Mirip Powerbank

"Hidrogen elektrik hasil dari proses kimia bisa men-generate electricity yang bisa disalurkan ke rumah jadi, mobil ini fungsinya seperti power bank," kata Product Knowledge Head PT TAM, Gandhi Ahimsaputra, di booth Toyota GIIAS, ICE BSD, Tangerang, Senin (15/8/2016).

Mobil ini pertama kali dikenalkan pada Tokyo Motor Show 2015. Mobil ini merupakan pengembangan mobil konsep FCV sebelumnya dengan teknologi yang lebih canggih sehingga bisa menghasilkan tenaga listrik yang mampu memasok energi untuk berbagai kebutuhan sehingga mengurangi pemakaian energi fosil.

"FCV pengennya hidrogen benar-benar punya keuntungan bagi masyarakat sekitar karena listrik sudah bisa dibilang makan banyak fossil source," kata Gandhi.

Mobil memiliki dimensi PxLxTx wheelbase sebesar 3.800 mm, 1.750 mm, 1.540 mm dan 3.000 mm. FCV Plus menempatkan fuel cell stack di antara roda depan, sementara tangki hidrogen ditempatkan di belakang bangku kedua.

Yang menarik, FCV Plus meletakkan motor di masing-masing empat roda, sehingga secara tidak langsung, FCV Plus ini bisa disebut sebagai 4WD.

No comments:

Post a Comment